Friday, May 22, 2015

Bermanfaat buat orang lain, Yakin?

Apa yang membuat hidup anda bermanfaat? Pertanyaan yang ternyata tidak mudah untuk dijawab oleh banyak orang. Berbagai kekhawatiran karena merasa belum berbuat banyak buat orang lain, atau tidak adanya keyakinan diri telah melakukan sesuatu untuk orang lain seringkali muncul menjadi alasan.

Bagi saya, pertanyaan tersebut memang sangat dalam artinya. Dan siapapun yang menanyakan hal tersebut pada dirinya sendiri, akan membantunya untuk merefleksikan  apa yang dilakukan dan di lalui dalam kehidupan sehari hari. Apakah dalam menjalani rutinitas selalu ada unsur kemanfaatan buat orang lain? Bahwa, manusia yang baik itu yang bermanfaat buat orang lain itu iya, tapi, bagaimana menghadirkan manfaat buat orang lain itu tantangan yang tidak mudah.

Adalah sangat subyektif untuk mengatakan bahwa kita merasa telah bermanfaat buat orang lain. Apalagi jika tidak ada dampak apapun yang bisa dirasakan oleh orang-orang di sekitar kita.

Untuk bisa bermanfaat buat orang, yang mungkin paling kita butuhkan saat ini adalah bagaimana kita secara otentik memahami apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan kita. Pada saat yang sama, kita juga memerlukan kepekaan kuat dalam membaca dan memahami kebutuhan dan kepentingan orang-orang di sekitar kita. 

Pada tahap awal, besar kecilnya manfaat itu sendiri tidaklah menjadi fokus, yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa benar-benar melakukan sesuatu yang  secara tepat sasaran dan dampaknya benar-benar ada. Untuk itu semua, memulainya adalah tantangan terbesar kita. Dan kita tidak akan pernah tahu ada atau tidaknya manfaat keberadaan kita sebelum kita benar-benar memulainya. #gusrowi


No comments:

Post a Comment